Belajar Parenting di Institut Ibu Profesional

IIP

Kelas Matrikulasi IIP

Tahun ini, saya memutuskan mengikuti kelas parenting secara online di Institut Ibu Profesional (IIP). Saya kebagian menjadi angkatan keempat dalam kelas ini.

Selain punya kekaguman pribadi terhadap Ibu Septi Peni Wulandani, saya memang sedang mencari seee-banyak mungkin kegiatan yang mampu saya kerjakan, agar pikiran saya ndak galau. Risau. Kacau.

Oh, iya. Ibu Septi Peni Wulandani ialah pendiri IIP dan pencetus jarimatika. Beliau keren deh. Kepoin aja. Di mana? Googling lah, males amat (kemudian diglepok sidang pembaca blog yang budiman).

Beberapa kuliah online pun saya ikuti, salah satunya pilihan saya terhadap IIP ini. Tadinya saya ketar-ketir, kuatir kalau ternyata kuliah online saya bubrah seperti yang sudah-sudah. Kursus TOEFL online, bubrah. Kursus bahasa arab online, bubrah. Padahal semuanya gratis lho gaes. Jangankan kursus, saya bakulan buku secara daring saja lapaknya belum saya buka sampai sekarang. Uwuwu~

Belajar dari pengalaman dan juga dialog-dialog malam bersama suami yang secara tidak langsung dan sangaaat lembut mengingatkan saya, aktivitas baru yang saya ikuti sekarang tidak boleh gagal apalagi yang ini pakai bayar. Haha. Tapi bayar sekali untuk keanggotaan seumur hidup, seratus ribu is no big deal. 

Kemudian, saya cermati apa yang akan saya lakukan empat bulan ke depan di kelas ini:

  1. Pendaftaran Matrikulasi sudah dilaksanakan pada tanggal 1-7 Mei 2017 lalu.
  2. Pembuatan WA grup peserta Matrikulasi sudah dilakukan pada tanggal 10-11 Mei 2017.
  3. Sesi perkenalan fasilitator dan member, pemilihan ketua kelas dan Korming sudah dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2017.
  4. Kelas perdana akan dibuka pada tanggal 15 Mei 2017 jam 08.00 wib dengan tema utama adalah RULES KELAS MATRIKULASI IIP dan ADAB MENUNTUT ILMU.
  5. [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga (Senin, 22 Mei 2017)
  6. [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah (Senin, 29 Mei 2017)
  7. [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani (Senin, 5Juni 2017)
  8. [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga (Senin, 12 Juni 2017)
  9. Libur jeda Lebaran: 19 Juni – 2 Juli 2017
  10. [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Senin, 3 Juli 2017)
  11. [Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari (Senin, 10 Juli 2017)
  12. [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup (Senin, 17 Juli 2017)
  13. [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan (Senin, 24 Juli 2017)
  14. Pengumuman Kelulusan tanggal 17 Agustus 2017

Menyenangkan rasanya berada dalam komunitas orang-orang yang bisa menularkan energi positif. Minggu ini, kelas IIP yang saya ikuti sudah mulai berjalan. Materinya, terlalu sayang jika tidak didokumentasikan. Maka dalam postingan-postingan yang berikutnya, insya Allah saya akan mempublish materi dalam kelas online IIP via Whatsapp. Oh ya, bagi yang ingin mengikuti kelas matrikulasi selanjutnya, pendaftaran akan dibuka empat bulan kemudian Insya Allah.

Harapannya ilmu parenting ini, someday, bisa diterapkan di kehidupan nyata. Yang paling penting sih, bisa konsisten. Itu dulu. Jangan males. Inget seratus ribu.

Karena realita seringkali tak seindah ekspektasi. Cyedih.

-Jakarta, sambil sarapan kurma. Latihan ngunyah buah khas ramadhan buat buka puasa nanti-

 

Leave a comment