[NHW IIP 8] Misi Hidup & Produktivitas

pexels-photo-60230

Foto: pexels.com

Pada kuliah matrikulasi IIP yang ke-8, saya dan teman-teman peserta lainnya belajar mengenai misi hidup dan produktivitas. Tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga.

Untuk lebih menggali bagaimana penerapan secara teknisnya, NHW kali ini adalah seputar menentukan misi hidup. Jadi ingat rasanya sewaktu berorganisasi di SMA waktu itu. Saya pertama kali diperkenalkan istilah visi dan misi, yaitu pada saat kegiatan ekstrakulikuler. Kami diminta menentukan apa saja tujuan berorganisasi, dan bagaimana cara-cara meraih tujuan itu.

Saat ini, saya dihadapkan lagi denagn perihal misi. Namun, yang  kali ini langsung kepada misi hidup. Sungguh, tidak diciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada Allah swt. Dan sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Maka,

Dengan cara-cara yang bagaimanakah hidup ini dijalani,

agar dapat tercapai tujuan “sebaik-baiknya manusia”?

NHW #8

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Saya sudah mantap, untuk mengambil aktivitas menulis. Agar sedikit ilmu yang saya punya bisa saya amalkan, dan amal yang saya lakukan memiliki dasar ilmunya. Agar amalnya bersifat ilmiyah, dan ilmunya bersifat amaliyah.

Dengan menulis, saya bisa menjadi diri saya sendiri, dan harapannya, dapat menebarkan manfaat sesuai dengan potensi yang saya miliki. Selain itu, dengan menulis, saya membuka peluang bagi diri saya agar “dipaksa” untuk terus belajar tanpa ujung.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Saya ingin menjadi apa ? (BE)

Saya ingin menjadi penulis, blogger, dan menjadi komikus

2. Saya ingin melakukan apa ? (DO)

Saya ingin belajar tentang proses penulisan buku, belajar tentang sastra anak, penulisan naskah film, dan belajar menggambar. Saya ingin rutin menulis setiap harinya di berbagai media (blog/diari/koran/majalah) dan mengirimkan tulisan saya ke media massa.

3. Saya ingin memiliki apa? (HAVE)

Saya ingin memiliki karya baik berupa buku, komik, maupun film yang dapat menghibur dan bermanfaat bagi orang lain. Kelak apabila saya sudah tiada, saya memiliki bekal ilmu yang mengalir dan semoga menjadi amal jariyah bagi saya dan keluarga, semoga.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)?

Menjadi seorang pendamping dan pendukung suami saya tanpa batas waktu, dan menjadi  ibu yang selalu bersemangat, produktif, dan shalihah bagi anak-anak saya kelak. Saya ingin menjadi penulis yang produktif dan memiliki karya yang dikenang.

2.Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)?

Saya ingin lulus S2 jurusan ilmu komunikasi/sastra. Saya ingin memiliki rumah sendiri untuk saya tempati bersama keluarga saya. Saat itu, saya ingin sudah memiliki 3 orang anak. Saya ingin sudah menerbitkan dua buah buku. Saya ingin sudah membuat naskah film animasi pertama saya bersama suami. Saya ingin menjadi seorang komikus paruh waktu. Saya ingin menerbitkan puluhan cerpen dan dongeng bagi anak-anak. Saya ingin memiliki perpustakaan dan rumah baca untuk anak-anak. Saya ingin memiliki lembaga sosial yang bergerak di bidang distribusi buku untuk anak-anak di pedalaman.

3. Apa yang ingin saya capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)?

Saya ingin mulai lanjut kuliah lagi dalam kurun waktu satu tahun ini, memiliki anak pertama, tulisan pertama saya dimuat di media massa, dan aktif menjadi seorang blogger dengan ratusan postingan blog yang berbobot.

Semoga Allah swt. memudahkan ikhtiar saya. Aamiin.

Leave a Reply

